Senapan Serbu Eropa Paling Sering Hadir di Industri Gaming

Oleh : Bustommyzw | 2022-05-03 06:12:00

Senapan serbu atau biasa kita kenal sebagai assault rifle besutan Amerika Serikat serta Rusia seperti series AK hingga M16, tentu tak asing bagi kita. Namun, berbagai senjata pabrikan Eropa juga tak kalah keren dan tampil pada game-game populer. Lantas senjata assault rifle Eropa apa saja yang sering kita jumpai? Nah pada ulasan kali ini kami telah merangkumnya sebagaimana berikut.

FAMAS
Mungkin kita telah menduga jika senjata satu ini merupakan besutan negara Eropa. Yap, FAMAS menjadi salah satu senjata besutan Prancis pabrikan Saint-Étienne yang berlokasi di wilayah Loire, Auvergne-Rhône-Alpes. FAMAS sendiri dijuluki sebagai Le Clairon yakni si terompet bagi tentara Prancis sebab memiliki bentuk yang cukup unik.

Pada tahun 1960-an, Famas telah memperoleh lisensi memproduksi senapan Heckler & Koch G3 serta HK33. Di waktu yang sama, negara-negara NATO mulai mengadopsi peluru kaliber 5.56. Niat awal ini ingin mengembangkan senjata untuk kaliber 7.62 yang lebih besar, pihak Prancis pada akhirnya memutuskan membesut HK33 mereka sendiri.

Tiga varian FAMAS yakni F1, G1, dan G2 terbilang cukup mudah untuk kita identifikasi. Bagi F1 rilisan 1975, senapan serbu ini mengusung pelindung pelatuk kecil, laras bergerigi dengan penopang pelontar granat dan magazin rata yang berisikan 25 peluru. G1 masih menggunakan magazin rata, namun pelindung pelatuknya cukup besar dengan laras yang mulus. Sementara G2 menggunakan magazin lengkung standar dengan 30 peluru yang mendukung berbagai jenis amunisi 5.56 NATO dan larasnya bisa mulus maupun bergerigi sesuai kebutuhan.

SCAR
Meski FN Herstal menjadi pabrik Belgia, SCAR kependekan dari Special Operations Forces Combat Assault Rifle merupakan pesanan untuk tentara AS. Di tahun 2004 silam United States Special Operations Command (SOCOM) mengontrak pihak FN memproduksi senjata dengan nama SCAR.

Pada enam tahun berikutnya pihak FN tengah memproduksi tiga varian SCAR yakni Mk17 SCAR-H, Mk16 SCAR-L serta Mk20 sniper dan satu pelontar granat pendukung Mk13. SCAR-L sendiri berarti light/ringan dengan kaliber 5.56×45mm sementara SCAR-H heavy/berat yang mengonsumsi 7.62×51mm. Kabarnya Mk17 disambut baik oleh pasukan khusus karena dianggap ringan. Akan tetapi pihak AS pada akhirnya memutuskan untuk tidak membeli Mk16 sebab performanya dianggap tidak lebih baik dari senapan standar M4 mereka.

AUG
Senjata AUG dirancang untuk mengganti StG 58 dari hasil modifikasi FAL milik tentara Austria sebab senjata NATO tersebut telah berkepala dua. Pada tahun 1978 pihak Austria tengah memproduksi senjata satu ini dan perlahan-lahan diadopsi pada tahun berikutnya. Steyr sendiri mengusung sistem bullpup sebab menghasilkan senjata lebih mungil dibandingkan senapan serbu standar lainnya. Namun tidak mengorbankan akurasi hingga penetrasi. Senjata satu ini dianggap menjadi opsi tepat bagi pertempuran perkotaan jarak dekat. Selain itu, AUG sendiri tidak memiliki selektor mode tembakan yang dapat menembakkan single-shot jika pelatuk ditekan pelan serta otomatis jadi full auto jika ditekan keras.

Varian AUG A1 juga memiliki teropong yang menyatu dengan bodi senjata. Namun pada varian A2 dan A3 mengganti teropong ini dengan rel Picatinny sehingga pengguna dapar memasang teropong jenis berbeda maupun laser inframerah dan aksesori lainnya.

Nah itulah beberapa senjata senapan serbu atau assault rifle dari Eropa Paling Sering Hadir di Industri Gaming. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu ya!
Tags : Games, Weapon